Searching...
agen bola terpercaya

Berita Informasi

SERVIS

Jenis-Jenis Servis
1.    Servis Tinggi (high serve)
Servis ini lebih sering dipakai pada partai tunggal untuk “mendorong” lawan ke jauh bagian belakang lapangan, sehingga ruang kosong lawan pun melebar. Pada partai ganda, servis ini perlu lebih dicermati karena selain batas belakang penerimaan servis lebih pendek daripada pada partai tunggal, lawan yang agresif dan tipe penyerang kuat dapat mengembalikan servis secara mematikan, sehingga menjadi bumerang bagi sang pelontar servis. Hati-hati dengan akurasi dan/atau tenaga yang kurang karena dapat berakibat pada lontaran servis tanggung.

2.    Servis Pendek (low serve)
Gunakan servis ini jika Anda ingin lawan mengangkat kok (menerbangkan kok ke atas). Biasanya digunakan pada partai ganda, tetapi umum pula dipakai di partai tunggal terutama jika lawan adalah tipe penyerang kuat. Usahakan servis tipis di atas net dan jatuh tipis pada batas garis depan terima servis lawan.

3.    Servis Kedut (flick serve)
Gunakan servis ini untuk menghadapi lawan yang sering terburu-buru cepat menerima kok, terutama pada partai ganda. Tetapi jangan memakainya terlalu sering karena lawan akan menjadi terbiasa dan saat servis ini telah siap diantisipasi, “keajaibannya” pun berkurang.
“Tipulah” seakan-akan Anda akan melakukan servis pendek, tetapi kemudian gunakan pergelangan tangan Anda untuk mendorong (mengedut) kok ke bagian belakang lawan. Pergelangan tangan menjadi kunci penting dalam servis ini.

4.    Servis Dorong (drive serve)
Servis yang didorong kuat dan melayangkan kok secara (hampir) datar di atas net ini tergolong servis serang. Tetapi sampai sekarang, servis ini masih sering diperdebatkan karena biasanya titik perkenaan kok berada di atas pinggang (karena hal tersebut lebih memungkinkan kok untuk melayang cepat, datar, tetapi tanpa tersangkut di net).

Boks Info: Servis Salah (Fault)
·    Kepala raket lebih tinggi / sejajar dengan pegangan raket pada saat perkenaan kok
·    Kepala raket lebih tinggi dari pinggang saat perkenaan kok
·    Posisi kaki menginjak garis tengah atau depan
·    Kaki melangkah sebelum kok dipukul
·    Rangkaian mengayun raket dan memukul kok terputus
·    Penerima servis bergerak sebelum kok servis dipukul
Servis juga harus dilakukan dalam waktu lima detik setelah posisi siap servis.
Tips-Trik Servis
Cobalah melatih akurasi pukulan servis yang berbeda-beda ke titik-titik penerimaan lawan yang juga berbeda-beda sehingga servis Anda menjadi lebih bervariasi. Jika merasa sudah cukup akurat, contohlah latihan Liem Swie King yang menaruh tong kecil pada setiap sudut penerimaan servis lawan dan mengarahkan kok servisnya masuk ke dalam tong-tong tersebut.
Beberapa tips tambahan lainnya:
·    Cari tahu lawan mengembalikan servis dengan forehand atau backhand, lalu arahkan servis ke arah dimana lawan harus mengubah posisi tangannya, misalnya lawan bersiap dengan forehand, maka kok diarahkan agar lawan menerima dengan backhand.
·    Kejutkan lawan dengan melancarkan servis cepat ke arah badan atau kepalanya; trik ini terutama berguna jika postur lawan tinggi besar. Jika lawan cukup sigap, ia akan mengembalikan servis dengan cepat pula; bersiaplah untuk pengembaliannya.
·    Salah satu cara menyamarkan servis Anda (supaya tidak mudah ditebak) adalah dengan melakukan servis ayunan besar dari belakang (yang umum dilakukan untuk servis jauh forehand) dan “mengiris” kok saat perkenaan kok. Dengan ayunan ini Anda dapat melakukan servis pendek maupun jauh, walaupun Anda harus berlatih lebih untuk hasil servis pendek yang baik karena tergolong sulit dan hasilnya cenderung tidak konsisten.
Jadi, tunggu apa lagi? Ambil raket Anda dan latih servis Anda di atas lapangan. Siapa tahu skor-skor dapat bergulir hanya dari servis Anda yang membuat bingung lawan.

0 comments:

Posting Komentar